Touhou Project

Touhou Project merupakan game bergenre danmaku (bullet hell) yang dibuat oleh ZUNSoft/Team Shanghai Alice, yang terdiri hanya satu orang bernama Jun’ya Oota, atau biasa dipanggil dengan ZUN. Hingga tahun 2018, game ini sudah menghasilkan beberapa sekuel, dimulai dari Touhou 1 : Highly Responsive to Prayers (HRtP) hingga Touhou 15.5 : Antimony of Common Flowers (AoCF). Seri Touhou yang pertama, HRtP dirilis pada bulan November 1996, pada platform komputer lama dengan OS Windows 98. Dikala itu, mekanis game-nya masih belum seperti game dalam seri lainnya, yaitu dengan memainkan bola berbentuk Yin-Yang untuk menghancurkan beberapa kotak yang ada agar dapat sampai ke boss. Kemudian semenjak Touhou 2 : The Story of Eastern Wonderland, mekanis game-nya sudah berubah menjadi game shooting (kecuali untuk Touhou 7.5, 10.5, 13.5, 14.5, dan 15.5 yang lebih cenderung ke fighting game).

Touhou ini sebenarnya merupakan game doujin, artinya adalah bahwa game ini dipublish oleh ZUN sendiri, sehingga game ini hanya dapat diperoleh di toko doujin, comiket, atau dari pembuatnya sendiri. Namun, beberapa seri kemudian, game ini akhirnya tersedia untuk game konsol Playstation 4 pada Touhou 14.5 : Urban Legend in Limbo. Dan kemudian pada tahun 2017 dan 2018 kedua seri Touhou terbaru yaitu Touhou 16 : Hidden Star in Four Seasons (HSiFS) dan Touhou 15.5 : AoCF telah diumumkan dan sudah rilis di platform Steam. HSiFS rilis di Steam pada bulan November 2017, sedangkan AoCF pada bulan Januari 2018.

Pada dasarnya Touhou dikenal selain dengan karakter-karakternya, juga dikenal dengan musik-musiknya yang dinikmati banyak orang, bahkan orang-orang yang tidak mengenal atau belum pernah memainkan Touhou sekalipun. Ini juga salah satu faktor yang mengakibatkan game doujin ini semakin terkenal. Beberapa lagu karya ZUN sendiri telah diolah oleh penggemar sehingga menghasilkan lagu yang diturunkan dari aransemen asli buatan ZUN, salah satu contohnya adalah musik Bad Apple!! dari Touhou 3 : Lotus Land Story yang kemudian diolah aransemennya oleh Masayoshi Minoshima dan dinyanyikan oleh nomico. Tidak hanya sekedar lagu, bahkan video klipnya juga ada, dan di Youtube telah mencapai lebih dari 14 juta viewer, terhitung pada tahun 2018.

Selain itu, musik Beloved Tomboyish Girl (lagu untuk tema Cirno) dari Touhou 6 : Embodiment of Scarlet Devil (EoSD) juga menghasilkan lagu yang berjudul Cirno’s Perfect Math Class oleh IOSYS, yaitu grup musik Jepang yang pada umumnya mengolah lagu yang berasal dari Touhou. Namun, vokalis utama yang digunakan pada lagu tersebut (miko) bukan berasal dari IOSYS.

Tidak hanya diolah menjadi lagu yang berlirik, ada juga lagu yang dijadikan meme, contohnya adalah musik U.N. Owen Was Her dari EoSD yang merupakan musik untuk tema Flandre Scarlet, boss utama pada EoSD. Musik ini dihubungkan dengan iklan McDonald di Jepang yang digunakan pada tahun 2004-2007.

Ketenaran Touhou berawal dari seri EoSD, yang notabene memiliki karakter dan musik yang lebih menarik dari seri sebelumnya. Pada saat itu, ZUN mengubah nama ZUNSoft menjadi Team Shanghai Alice untuk menyesuaikan konsep seri game nya. Selain itu seri EoSD juga seri yang pertama yang lebih kompatibel untuk OS Windows dibandingkan seri sebelumnya. Tidak hanya faktor internal, komunitas doujinshi yang lain juga turut andil dalam meningkatkan ketenaran Touhou, yaitu selain dengan memproduksi lagu hasil turunan dari musik asli Touhou, juga dengan memposting berbagai fanart terkait dengan karakter dalam game tersebut.

Rujukan :

http://r25.yahoo.co.jp/fushigi/wxr_detail/?id=20081003-90005110-r25 (arsip : https://web.archive.org/web/20130729011923/http://r25.yahoo.co.jp/fushigi/wxr_detail/?id=20081003-90005110-r25)

http://knowyourmeme.com/memes/mcdonald-s-ran-ran-ru-commercial

https://en.touhouwiki.net/wiki/Lyrics:_チルノのパーフェクトさんすう教室

https://www.play-asia.com/touhou-shinpiroku-urban-legend-in-limbo/13/70ai67

https://www.rockpapershotgun.com/2017/11/18/touhou-16-released-on-steam/

http://shoryuken.com/2018/01/05/touhou-hyouibana-antinomy-of-common-flowers-officially-released-on-steam/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s