Semikonduktor: Pendahuluan

microprocessor
Mikroprosesor yang tersusun oleh jutaan bahan semikonduktor yang biasa kita pakai untuk kehidupan sehari-hari. Sumber: unsplash.com

Penemuan semikonduktor mungkin bisa dibilang sebagai salah satu kemajuan terbesar di bidang teknologi. Bagaimana tidak, keseharian kita saat ini, mulai dari belajar, berjualan, hingga saat kita membaca artikel ini tentunya bisa kita lakukan berkat adanya komputer. Perangkat yang menakjubkan ini terdiri dari serangkaian transistor-transistor yang merupakan buah dari teknologi semikonduktor.

Semikonduktor itu sendiri sudah mulai dipopulerkan oleh Alessandro Volta pada tahun 1782. Lima puluh satu tahun berselang, Michael Faraday melakukan pengamatan terhadap sifat kelistrikan pada perak sulfida, yang sifat konduktivitasnya bertambah bersamaan dengan suhunya. Hasil pengamatan yang menarik ini memotivasi para ilmuwan untuk melakukan pengamatan pada pengaruh hambatan terhadap suhu suatu bahan.

Seiring berjalannya waktu, teori tentang semikonduktor ini semakin matang, hingga berkembangnya mekanika kuantum pada awal abad ke-20. Pada tahun 1927, Walter Heitler dan Fritz London mengemukakan teori tentang pita energi yang sangat berguna untuk menjelaskan sifat konduktivitas dari suatu bahan, khususnya tentang semikonduktor. Kemajuan dari penelitian semikonduktor ini akhirnya menghasilkan penciptaan transistor pertama oleh William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain yang sangat berperan penting dalam pengolahan data secara digital.

Dalam seri ini, kita akan membahas lebih dalam tentang teori semikonduktor ini. Kita akan mempelajari beberapa hal, mulai dari teori pita energi hingga cara kerja dari transistor.

>> Pita Energi pada Semikonduktor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s