Pengukuran : Pendahuluan

Ilmu fisika tidak lepas dari apa yang kita kenal sebagai pengukuran. Kita telah menyinggung sedikit tentang pengukuran dalam seri besaran dan satuan sebelumnya, atau suatu hal yang kita lakukan untuk mengungkapkan sesuatu dalam angka. Tanpa adanya pengukuran, kita hanya bisa mengetahui besar kecil dari dua benda saja. Berkat adanya besaran dan satuan ini, kita juga bisa mengetahui seberapa besar dan kecil kedua benda tersebut apabila kita bandingkan dengan satuan yang kita gunakan.

Dalam seri ini kita akan membahas lebih rinci tentang pengukuran, serta penerapan-penerapannya. Dalam seri besaran dan satuan kita juga telah membahas sedikit tentang bagaimana cara melakukan pengukuran panjang suatu benda dengan alat yang ada dan sederhana. Namun, dalam seri ini kita nanti akan mengetahui alat-alat yang telah ada dan memang dirancang untuk mengukur, terutama pengukuran panjang yang dapat digambarkan lebih sederhana.

Alat ukur yang paling sederhana dan dapat diperoleh secara mudah adalah mistar. Kita akan menggunakan mistar sebagai contoh untuk menjelaskan beberapa hal secara rinci tentang pengukuran. Selanjutnya, kita juga akan membahas tentang alat ukur lain yang juga digunakan untuk mengukur panjang selain mistar.

Terakhir, kita akan membahas kembali istilah-istilah lain seperti akurasi, presisi, dan lain-lain. Istilah-istilah ini cukup penting dalam eksperimen, karena berkaitan dengan kebenaran data-data yang kita ukur nantinya.

Next : Pengukuran : Mistar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: