Besaran dan Satuan : Satuan Imperial

Prev : Besaran dan Satuan : Satuan CGS

Sebelumnya, kita telah membahas sistem satuan selain satuan metrik, yaitu satuan CGS, yang merupakan singkatan dari centimeter-gram-second. Satuan CGS menggunakan satuan cm dan gram untuk besaran panjang dan massa, yang pada dasarnya merupakan sistem satuan MKS dengan perubahan awalan atau prefiks.

Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, tidak selamanya sistem satuan MKS digunakan – terkadang sistem satuan CGS lebih praktis untuk digunakan, salah satunya ketika mengkaji teori elektromagnetika. Selain itu, tidak semua negara di dunia menggunakan MKS sebagai sistem satuan utama. Di Amerika Serikat, mereka menggunakan sistem satuan lain, yang dikenal sebagai satuan imperial. Sistem satuan imperial merupakan sistem satuan yang telah digunakan secara resmi di Britania Raya pada tahun 1824, sekitar 141 tahun sebelum sistem satuan MKS ditetapkan sebagai satuan internasional.

Sistem satuan ini bekerja jauh berbeda dengan satuan CGS, karena dalam satuan ini tidak digunakan awalan-awalan seperti halnya pada sistem satuan CGS. Satuan-satuan dalam sistem satuan ini didefinisikan secara berbeda. Tabel di bawah ini merupakan daftar satuan imperial beserta keterangan-keterangannya.

Satuan Imperial Lambang Besaran Konversi dalam MKS
inci (inch) inch Panjang 0.0254 m
kaki (foot) ft Panjang 0.3048 m
yard  yd Panjang 0.9144 m
mil (mile) mi Panjang 1609.34 m
pon (pound) lb Massa 0.453592 kg
Fahrenheit °F Suhu 255.372 K
Galon (gallon) gal Volume 0.003785 m³

Alih-alih menggunakan satuan yang berbasis satuan MKS, sistem satuan imperial menggunakan satuan-satuan lain seperti inci, pon, dan Fahrenheit untuk besaran panjang, massa, dan suhu. Beberapa satuan dalam sistem satuan ini merupakan satuan tradisional seperti kaki, pon, dan galon. Namun, satuan-satuan tersebut memiliki ukuran-ukuran yang berbeda-beda untuk wilayah yang berbeda, sehingga dilakukan standarisasi dengan nama Winchester.

1. Inci, Kaki, Yard dan Mil

Pada awalnya, satu inci didefinisikan sebagai panjang dari tiga biji jerai, dimana jerai merupakan salah satu jenis biji-bijian yang digunakan sebagai alat pembelajaran. Namun, semenjak pengadopsian satuan metrik pada tahun 1959, satuan inci didefinisikan dengan mengikuti satuan metrik, yaitu 2.54 cm.

Di sisi lain, definisi dari kaki, yard, dan mil ditetapkan dengan kelipatan dari jumlah inci. Satuan kaki ditetapkan dengan panjang sebesar 12 inci, sedangkan yard sebesar 3 kaki. Untuk satuan mil, pada awalnya ditetapkan sebesar 5000 kaki, namun berubah menjadi 5280 kaki pada masa Ratu Elizabeth I.

2. Pon

Satuan pon memiliki ukuran yang berbeda-beda, menurut dari beberapa sistem satuan berat yang digunakan dalam satuan imperial. Sistem satuan berat avoirdupois (avdp) mendefinisikan pon sebagai berat dari 7000 butiran padi, yang merupakan definisi dari pon secara resmi hingga saat ini. Namun, menurut sistem berat apoteker, satu pon merupakan berat dari 5760 butiran padi, sehingga lebih ringan.

Terdapat setidaknya dua standar awal untuk satuan pon, yang disebut sebagai pon menara (Tower pound) dan pon merkantil (mercantile pound). Sesuai dengan namanya, standar dari pon menara tersimpan di Royal Mint di dalam Menara London, yang memiliki ukuran sebesar 5400 butiran padi, sedangkan pon merkantil memiliki standar sebesar 6750 butiran padi.

Lambang dari pon ditulis dengan “lb”, yang merupakan singkatan dari libra. Libra merupakan satuan berat Romawi.

Sumber : britannica.com

Next : Besaran dan Satuan : Satuan Non-SI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: