Besaran dan Satuan : Satuan CGS

Besaran dan Satuan : Awalan Satuan (SI)

Sebelumnya kita telah membahas beberapa hal tentang satuan dari suatu besaran.  Satuan-satuan yang telah kita bahas tersebut merupakan satuan internasional, atau satuan SI. Artinya satuan-satuan tersebut merupakan satuan yang telah ditetapkan secara internasional, dan telah banyak digunakan di seluruh penjuru dunia.

Satuan untuk besaran panjang, massa, dan waktu yang telah dikenalkan sebelumnya adalah meter, kilogram, dan detik/sekon. Sistem penggunaan ketiga satuan seperti ini disebut sebagai sistem satuan MKS, yang merupakan singkatan dari meterkilogramsecond. Walaupun sistem satuan MKS merupakan satuan internasional, terkadang sistem satuan lain juga digunakan, salah satunya adalah sistem satuan CGS yang merupakan singkatan dari centimeter-gram-second. Sistem satuan ini umumnya digunakan oleh fisikawan yang berkecimpung dalam fisika teoretis seperti teori elektromagnetika atau bahkan teori relativitas.

Prinsip dari sistem satuan CGS pada dasarnya sangat sederhana, yaitu dengan menggunakan satuan cm dan gram alih-alih menggunakan meter dan kilogram. Namun, penggunaan sistem satuan ini cukup penting dalam kehidupan sehari-hari. Ini disebabkan salah satunya adalah banyaknya benda berukuran kecil yang lebih sering ditemukan dan diukur dibandingkan benda-benda yang memiliki ukuran dengan skala meter atau kilogram. Sebagai contoh, buku-buku yang kita miliki umumnya memiliki ukuran sekitar 10 cm yang lebih sederhana untuk diucapkan daripada mengucapkannya dengan “0.1 m”. Massa-massa dari buku-buku tersebut pun untuk satu buku cukup jarang ada yang memiliki massa sebesar 1 kg atau lebih, kecuali memang buku tersebut tebal, bukan sekedar buku tulis biasa.

Penggunaan sistem satuan CGS ini melahirkan beberapa nama satuan baru untuk besaran-besaran yang ada dalam ilmu fisika. Sebagai contoh, tabel di bawah ini menunjukkan besaran-besaran dalam mekanika Newton beserta satuan CGS-nya.

Besaran

Satuan CGS

Literal

Nama Lain

Panjang

cm

cm

Massa

g

g

Waktu

s

s

Kecepatan

cm/s

cm/s

Percepatan

cm/s²

gal

Gaya

gcm/s²

dyne (dyn)

Energi

gcm²/s²

erg

Tekanan

g/cms²

barye (Ba)

Selain itu, dalam bidang elektromagnetika, sistem satuan CGS ini juga terlihat penerapannya. Dengan adanya sistem satuan CGS ini, penulisan persamaan-persamaan elektromagnetika dapat disederhanakan. Sebagai contoh, pada hukum Coulomb, persamaan matematisnya dalam satuan CGS dapat dituliskan menjadi

duvft5 (8)

Berbeda dengan persamaan hukum Coulomb pada umumnya, dalam satuan CGS, konstanta kesebandingan dianggap satu. Ini secara otomatis juga merubah satuan-satuan dari besaran lainnya seperti muatan, medan listrik, dan lainnya. Dengan persamaan ini, maka definisi dari satuan CGS dari muatan adalah muatan ketika kedua muatan listrik yang sama besar terpisah pada jarak 1 cm akan menghasilkan gaya sebesar 1 dyne, atau disebut sebagai esu (electrostatic unit). Kita tidak akan membahas satuan CGS dalam elektromagnetika ini lebih rinci, karena cukup banyak hal yang dapat dibahas terkait dengan baik elektrostatik atau elektromagnetik dalam satuan CGS.

Next : Besaran dan Satuan : Satuan Imperial

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: