Membuat Mouse Trap Car Sederhana

Mouse Trap Car (Mouse Trap=Jebakan Tikus, Car=Mobil) adalah sebuah mobil-mobilan yang tidak menggunakan tenaga listrik, tetapi menggunakan gaya pegas yang berasal dari jebakan tikus tersebut. Di luar negeri, ini sering dilombakan. Pembuatan mouse trap car membutuhkan pemahaman di bidang studi fisika. Adapun bab yang terdapat pada mouse trap car adalah momen gaya, rotasi, dan gaya gesek.

1. Momen gaya dan rotasi

Momen gaya/torsi adalah gaya yang berputar pada porosnya. Dalam mouse trap car, adanya momen gaya bisa dilihat saat gaya pegas pada jebakan tikus digunakan untuk menarik gandar. Pada saat jebakan tikus dilepaskan, gaya dari pegas akan memutar gandar dan mengakibatkan roda berputar. Oleh karena itu, gandar belakang jangan terlalu besar (tapi tidak terlalu kecil juga), semakin kecil gandar, semakin banyak gulungan pada gandar dan mengakibatkan roda dapat melakukan lebih banyak putaran. Ban belakang juga disarankan agar lebih besar.

2. Gaya gesek

Dalam mouse trap car, gaya gesek pada roda tidak boleh diabaikan. Jika pada roda tidak ada gaya gesek (licin), roda akan berputar tak terkendali dan dapat mengakibatkan mobil membelok-belok. Oleh karena itu, jika Anda membuat roda dari CD (Compact Disk), lapisi CD tersebut dengan sesuatu yang mempunyai gaya gesek (tidak licin), seperti balon, karet, dll. Makin besar gaya geseknya semakin baik.

Selain itu, ada lagi teori yang harus diperhatikan untuk ketahanan komponen-komponennya, seperti tegangan tali/benang, massa mobil, dan bagaimana cara meluncurkan mobil. Tali yang digunakan untuk mouse trap car harus tebal/tegangannya cukup agar bisa menahan gaya pegas dari jebakan tikus. Massa mobil juga diperhatikan. Semakin ringan massanya semakin cepat laju mobil. Semakin berat massanya semakin lambat laju mobilnya, tetapi roda akan lebih awet memutar dan bisa menempuh jarak yang lebih jauh. Jangan coba-coba menarik jebakan tikus pada mouse trap car terlalu dalam (menarik sampai maksimum), karena jika dilepaskan akan menyebabkan gerak refleks pada mouse trap dan menyebabkan gandar menjadi patah. Menarik jebakan tikus maksimal adalah sekitar 150-170 derajat dari keadaan awal.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat mouse trap car adalah sebagai berikut :

1. Jebakan tikus

2. Kayu berukuran sekitar 20 cm x 12 cm

3. 2 sumpit (bisa diganti oleh apapun yang dapat dijadikan gandar)

4. 2 CD untuk membuat ban belakang

5. 2 solatif yang masih utuh (bisa diganti oleh apapun yang seukuran dan akan dijadikan ban depan)

6. Sandal bekas

7. 4 Mata kail yang berukuran sedikit lebih besar dari sumpit, tetapi tidak terlalu besar

8. Benang bangunan

9. Balon yang belum ditiup minimal 4 buah

Langkah kerja :

1. Tancapkan mata kail di setiap sudut kayu untuk menaruh gandar (sumpit). Bayangkan bentuk dari sebuah mobil untuk mengetahui dimana mata kail harus ditancapkan,

2. Setelah tertancap,  masukkan sumpit sebagai gandar.

3. Tempelkan jebakan tikus di atas kayu.

4. Pasang 2 CD di setiap sisi gandar belakang, dan 2 tempat solasi di setiap sisi gandar depan. Jangan lupa agar melapisi CD dengan balon.

5. Lubang di tengah CD terlalu besar untuk dipasang di sumpit. Potong sandal sehingga berukuran sedikit lebih besar dengan lubang di tengah CD (tidak sama dengan lubang dan tidak terlalu besar. Tujuannya adalah agar disk bisa “terkunci”).

6. Setelah perangkat menyerupai bentuk mobil, ikat mati ujung pegas (tuas) dengan benang. Maka mouse trap car siap digunakan

Cara menjalankan :

1. Gulung benang pada gandar yang letaknya terjauh dari simpul mati pada tuas. Gandar tersebut akan dijadikan ban belakang. Jangan ikat gandar tersebut karena akan menghambat perjalanan mobil. Cukup gulung saja.

2. Untuk menggulungnya, bantuan dari orang lain akan mempermudah proses penggulungan. 1 orang bekerja sebagai penggulung dan 1 orang lagi bekerja sebagai penarik pegas.

3. Setelah tuas berada di titik maksimal (posisi tuas terletak paling jauh dari gerigi jebakan tikus), luncurkan mouse trap car di tanah. Jangan lupa agar mengatur kelurusan ban agar tidak membelok.

Hasil akhirnya adalah sebagai berikut

mtcfull

Mouse trap car ini merupakan mouse trap car yang sangat sederhana, namun bentuknya dapat berbeda-beda. Ukuran ban serta desain dapat divariasi untuk meningkatkan performa mobil.

3 Comments on “Membuat Mouse Trap Car Sederhana

  1. Ping-balik: Articles | Sebuah catatan dari saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: